Hakekat manusia sebagai
makhluk Budaya
·
1. Pengertian Hakekat
Manusia :
Hakikat manusia adalah hal – hal yang berkaitan mutlak dalam
kehidupan manusia dan merupakan hal – hal yang secara pasti akan terjadi secara
historis. Hakekat manusia itu sendiri adalah suatu sejarah, maka hakekat
manusia itu sendirinya hanya dapat dilihat dalam sejarah perjalana manusia itu
sendiri.
·
2. Akal adalah kemampuan pikir manusia sebagai kodrat alami yang
dimilikimanusia. Berpikir adalah perbuatan operasional yang mendorong
untukaktif berbuat demi kepentingan dan peningkatan hidup manusia. Fungsi akal
adalah untuk berfikir, kemampuan berfikir manusia mempunyai fungsi mengingat
kembali apa yang telah diketahui sebagai tugas dasarnya untuk memecahkan
masalah dan akhirnya membentuk tingkah laku.Budi adalah akal yang merupakan
unsur rohani dalamkebudayaan. Budi diartikan sebagai batin manusia, panduanakal
dan perasaan yang dapat menimbang baik buruk segalasesuatu
·
3. Manusia sebagai animal simbolicum Simbol : segala sesuatu
(benda, peritiwa,kelakuan, tindakan manusia, ucapan) yang telahditempati suatu
arti tertentu menurutkebudayaannyaAdalah komponen utama perwujudankebudayaan
karena setiap hal yang dilihat dandialami, diolah menjadi simbolKebudayaan :
pengetahuan yangmengorganisasi simbol-simbolFungsi simbol : Faktor pengembangan
kebudayaan Terbatas pada gugus masyarakat etrtentu
·
4. Dari catatan Supartono, 1992, terdapat 170
definisikebudayaan. Catatan terakhir Rafael Raga Mananada 300 buah, beberapa diantaranya
:• EB Taylor, Primitive Culture, 1871 Kebudayaan adalah keseluruhan yang
mencakup pengetahuan, kepercayaan, seni, moral, hukum, adapt, serta kemampuan
dan kebiasaan lainnya yang diperoleh manusia sebagai anggota masyarakat.• Ki
Hajar Dewantara Kebudayaan berarti buah budi manusia adalah hasil perjuangan
manusia terhadap dua pengaruh kuat, yakni zaman dan alam yang merupakan bukti
kejayaan hidup manusia untuk mengatasi berbagai rintangan dan kesukaran didalam
hidup dan penghidupannya guna mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang pada
lahirnya bersifat tertib dan damai.
·
Kebudayaan berarti keseluruhan gagasan dan karya manusia yang
harus dibiasakan dengan belajar beserta keseluruhan dari hasil budi
pekertinyaRafael Raga MaranKebudayaan adalah cara khas manusia beradaptasi
denganlingkungannya, yakni cara manusia membangun alam guna
memenuhikeinginan-keinginan serta tujuan hidupnya, yang dilihat sebagai
proseshumanisasi.
·
5. Fungsi kebudayaan mendasari, mendukung, dan mengisimasyarakat
dengan nilai-nilai hidup untukdapat bertahan, menggerakkan serta membawa
masyarakat kepada taraf hidup tertentu : – Hidup lebih baik – Lebih manusiawi –
berperikemanusiaan
·
6. Unsur-Unsur kebudayaan : Peralatan dan perlengkapan hidup
(pakaian, perumahan, alat-alat produksi,C Klu transportasi) Mata pencaharian
hidup dan sistem ekonomi (pertanian, peternakan, sistem produksi, distribusi )
Sistem kemasyarakatan (sistem kekerabatan, organisasi politik, sistem hukum,
perkawinan) Bahasa Kesenian Sistem pengetahuan Religi
·
Manusia Pencipta dan pengguna kebudayaan Manusia sebagai
pencipta kebudayaan memiliki kemampuan daya sebagai berikut :
·
7. Ciri & Wujud kebudayaan Wujud kebudayaan • Ide : tingkah
laku dalam tata hidup • Produk : sebagai ekspresi pribadi • Sarana hidup •
Nilai dalam bentuk lahir Ciri Kebudayaan • Bersifat menyeluruh • Berkembang
dalam ruang / bidang geografis tertentu • Berpusat pada perwujudan nilai- nilai
tertentu
·
8. Sifat kebudayaan• Beraneka ragam• Diteruskan dan diajarkan•
Dapat dijabarkan : – Biologi – Psikologi – Sosiologi : manusia sebagai
pembentuk kebudayaan• Berstruktur terbagi atas item-item• Mempunyai nilai•
Statis dan dinamis• Terbagi pada bidang dan aspek
·
9. Proses kebudayaan Proses pembudayaan adalah tindakan yang
menimbulkan dan menjadikan sesuatu lebih bermakna untuk kemanusiaan. Proses
tersebut diantaranyaInternalisasi : Merupakan Sosialisasi : Proses interaksi
terusproses pencerapan realitas menerus yang memungkinkanobyektif dalam
kehidupan manusia memperoleh identitas dirimanusia serta ketrampilan-ketrampilan
sosial..
·
10. Enkulturasi adalah pencemplungan seseorang kedalam suatu
lingkungankebudayaan, dimana desain khusus untuk kehidupan kelihatan sebagai
sesuatuyang alamiah belaka. Difusi : Meleburnya suatu kebudayaan dengan
kebudayaan lain sehingga menjadi satu kebudayaan. n yang uran dua ata u lebih
kebudayaa elihatan. –Aku lturasi : percamp sing-masing unsurnya masih k n itu
ma dalam percampura Asimilasi : proses peleb uran dari keb kebudayaan u dayaan
satu lain. ke
·
11. Faktor-faktor yang mendorong : Kontak dengan kebudayaan lain
Faktor-faktor yang Sistem pendidikan yang maju menghambat : Sikap menghargai
hasil karya Kurangnya hubungan orang lain dan keinginan untuk dengan masyarakat
lain maju Perkembangan ilmu Toleransi terhadap perbuatan pengetahuan yang
lambat menyimpang Sikap masyarakat yang Sistem lapisan masyarakat tradisional
yang terbuka Adanya kepentingan- Penduduk yang heterogen kepentingan yang telah
Ketidakpuasan masyarakat tertanam dengan kuat terhadap bidang-bidang (vested
Interest) kehidupan tertentu.. Rasa takut terjadinya Orientasi ke depan
kegoyahan dalam Nilai meningkatkan taraf hidup integrasi kebudayaan Prasangka
terhadap hal baru Hambatan ideologis Kebiasaan Sikap pasrah.
·
Contoh
kasus :
Angklung
sebagai alat musik tradisional Jawa Barat memiliki daya tarik bagi para
wisatawan asing untuk belajar memainkannya seperti terlihat di Saung Angklung
Udjo, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (9/10/2009).
|
BEIJING,
KOMPAS.com—
·
Perhimpunan Persahabatan
Indonesia-Tiongkok (PPIT) akan menggelar konser kolosal 10 ribu angklung di
Beijing, akhir Mei 2013.
·
Ketua Umum Perhimpunan
Persahabatan Indonesia-Tiongkok (PPIT), Bondan Gunawan di Beijing, Kamis,
mengatakan konser kolosal 10 ribu angklung ini merupakan salah satu bentuk
diplomasi budaya untuk mempererat hubungan antarmasyarakat Indonesia dan China.
·
"Konser akan digelar
di lapangan terbuka, dan dimainkan oleh 10 ribu orang yang sebagian besar
adalah pelajar, mahasiswa serta warga masyarakat China," ungkap Bondan.
·
Namun, ada pula yang
berasal dari masyarakat keturunan Tionghoa dari Kalimantan, Surabaya sekitar
500 orang yang akan bergabung dalam konser kolosal 10 ribu angklung tersebut,
lanjutnya.
·
Dalam konser kolosal
angklung di Beijing Mei mendatang selain mengerahkan 10 ribu angklung, Saung
Angklung Udjo juga mengirimkan 40 orang untuk ikut terlibat.
·
"Selama konser
kolosal angklung itu, akan dilantunkan enam hingga tujuh lagu baik lagu
Indonesia maupun China, yang akrab di telinga masyarakat masing-masing kedua
negara, seperti `Ayo Mama` dari Indonesia atau `Yue Liang Dai Biao Wo De Xin`
lagu dari China," katanya.
Tanggapan
:
·
Dari contoh kasus diatas dapat diperoleh
kesimpulan bahwa kebudayaan Indonesia bisa diterima dimata dunia. Ini membuktikan bahwa budaya Indonesia yang beragam tidak
boleh dipandang sebelah mata dan budaya Indonesia juga mampu tampil di pentas
dunia, supaya masyarakat dunia tahu kebudayaan Indonesia yang beragam.
·
Kita patut berbangga akan
ini. Apalagi yang bermain alat musik angklung di konser kolosal angklung yang
digelar di Beijing, China tersebut kebanyakan adalah warga China sendiri.
Seperti juga yang terlihat pada gambar diatas tampak wisatawan asing pun
terlihat antusias memainkan alat musik tradisional ini. Ini membuktikan bahwa
alat musik ini memiliki daya tarik tersendiri bagi para warga negara asing
untuk memainkannya.
Referensi :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar