Sabtu, 12 Oktober 2013

hakekat manusia dan kebudayaan


Hakekat manusia sebagai makhluk Budaya
·         1. Pengertian Hakekat Manusia :
Hakikat manusia adalah hal – hal yang berkaitan mutlak dalam kehidupan manusia dan merupakan hal – hal yang secara pasti akan terjadi secara historis. Hakekat manusia itu sendiri adalah suatu sejarah, maka hakekat manusia itu sendirinya hanya dapat dilihat dalam sejarah perjalana manusia itu sendiri.
·         2. Akal adalah kemampuan pikir manusia sebagai kodrat alami yang dimilikimanusia. Berpikir adalah perbuatan operasional yang mendorong untukaktif berbuat demi kepentingan dan peningkatan hidup manusia. Fungsi akal adalah untuk berfikir, kemampuan berfikir manusia mempunyai fungsi mengingat kembali apa yang telah diketahui sebagai tugas dasarnya untuk memecahkan masalah dan akhirnya membentuk tingkah laku.Budi adalah akal yang merupakan unsur rohani dalamkebudayaan. Budi diartikan sebagai batin manusia, panduanakal dan perasaan yang dapat menimbang baik buruk segalasesuatu
·         3. Manusia sebagai animal simbolicum Simbol : segala sesuatu (benda, peritiwa,kelakuan, tindakan manusia, ucapan) yang telahditempati suatu arti tertentu menurutkebudayaannyaAdalah komponen utama perwujudankebudayaan karena setiap hal yang dilihat dandialami, diolah menjadi simbolKebudayaan : pengetahuan yangmengorganisasi simbol-simbolFungsi simbol : Faktor pengembangan kebudayaan Terbatas pada gugus masyarakat etrtentu
·         4. Dari catatan Supartono, 1992, terdapat 170 definisikebudayaan. Catatan terakhir Rafael Raga Mananada 300 buah, beberapa diantaranya :• EB Taylor, Primitive Culture, 1871 Kebudayaan adalah keseluruhan yang mencakup pengetahuan, kepercayaan, seni, moral, hukum, adapt, serta kemampuan dan kebiasaan lainnya yang diperoleh manusia sebagai anggota masyarakat.• Ki Hajar Dewantara Kebudayaan berarti buah budi manusia adalah hasil perjuangan manusia terhadap dua pengaruh kuat, yakni zaman dan alam yang merupakan bukti kejayaan hidup manusia untuk mengatasi berbagai rintangan dan kesukaran didalam hidup dan penghidupannya guna mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang pada lahirnya bersifat tertib dan damai.
·         Kebudayaan berarti keseluruhan gagasan dan karya manusia yang harus dibiasakan dengan belajar beserta keseluruhan dari hasil budi pekertinyaRafael Raga MaranKebudayaan adalah cara khas manusia beradaptasi denganlingkungannya, yakni cara manusia membangun alam guna memenuhikeinginan-keinginan serta tujuan hidupnya, yang dilihat sebagai proseshumanisasi.
·         5. Fungsi kebudayaan mendasari, mendukung, dan mengisimasyarakat dengan nilai-nilai hidup untukdapat bertahan, menggerakkan serta membawa masyarakat kepada taraf hidup tertentu : – Hidup lebih baik – Lebih manusiawi – berperikemanusiaan
·         6. Unsur-Unsur kebudayaan : Peralatan dan perlengkapan hidup (pakaian, perumahan, alat-alat produksi,C Klu transportasi) Mata pencaharian hidup dan sistem ekonomi (pertanian, peternakan, sistem produksi, distribusi ) Sistem kemasyarakatan (sistem kekerabatan, organisasi politik, sistem hukum, perkawinan) Bahasa Kesenian Sistem pengetahuan Religi
·         Manusia Pencipta dan pengguna kebudayaan Manusia sebagai pencipta kebudayaan memiliki kemampuan daya sebagai berikut :
·         7. Ciri & Wujud kebudayaan Wujud kebudayaan • Ide : tingkah laku dalam tata hidup • Produk : sebagai ekspresi pribadi • Sarana hidup • Nilai dalam bentuk lahir Ciri Kebudayaan • Bersifat menyeluruh • Berkembang dalam ruang / bidang geografis tertentu • Berpusat pada perwujudan nilai- nilai tertentu
·         8. Sifat kebudayaan• Beraneka ragam• Diteruskan dan diajarkan• Dapat dijabarkan : – Biologi – Psikologi – Sosiologi : manusia sebagai pembentuk kebudayaan• Berstruktur terbagi atas item-item• Mempunyai nilai• Statis dan dinamis• Terbagi pada bidang dan aspek
·         9. Proses kebudayaan Proses pembudayaan adalah tindakan yang menimbulkan dan menjadikan sesuatu lebih bermakna untuk kemanusiaan. Proses tersebut diantaranyaInternalisasi : Merupakan Sosialisasi : Proses interaksi terusproses pencerapan realitas menerus yang memungkinkanobyektif dalam kehidupan manusia memperoleh identitas dirimanusia serta ketrampilan-ketrampilan sosial..
·         10. Enkulturasi adalah pencemplungan seseorang kedalam suatu lingkungankebudayaan, dimana desain khusus untuk kehidupan kelihatan sebagai sesuatuyang alamiah belaka. Difusi : Meleburnya suatu kebudayaan dengan kebudayaan lain sehingga menjadi satu kebudayaan. n yang uran dua ata u lebih kebudayaa elihatan. –Aku lturasi : percamp sing-masing unsurnya masih k n itu ma dalam percampura Asimilasi : proses peleb uran dari keb kebudayaan u dayaan satu lain. ke
·         11. Faktor-faktor yang mendorong : Kontak dengan kebudayaan lain Faktor-faktor yang Sistem pendidikan yang maju menghambat : Sikap menghargai hasil karya Kurangnya hubungan orang lain dan keinginan untuk dengan masyarakat lain maju Perkembangan ilmu Toleransi terhadap perbuatan pengetahuan yang lambat menyimpang Sikap masyarakat yang Sistem lapisan masyarakat tradisional yang terbuka Adanya kepentingan- Penduduk yang heterogen kepentingan yang telah Ketidakpuasan masyarakat tertanam dengan kuat terhadap bidang-bidang (vested Interest) kehidupan tertentu.. Rasa takut terjadinya Orientasi ke depan kegoyahan dalam Nilai meningkatkan taraf hidup integrasi kebudayaan Prasangka terhadap hal baru Hambatan ideologis Kebiasaan Sikap pasrah.


                                                                                                          





·         Contoh kasus :
Angklung sebagai alat musik tradisional Jawa Barat memiliki daya tarik bagi para wisatawan asing untuk belajar memainkannya seperti terlihat di Saung Angklung Udjo, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (9/10/2009).
BEIJING, KOMPAS.com
·         Perhimpunan Persahabatan Indonesia-Tiongkok (PPIT) akan menggelar konser kolosal 10 ribu angklung di Beijing, akhir Mei 2013.
·         Ketua Umum Perhimpunan Persahabatan Indonesia-Tiongkok (PPIT), Bondan Gunawan di Beijing, Kamis, mengatakan konser kolosal 10 ribu angklung ini merupakan salah satu bentuk diplomasi budaya untuk mempererat hubungan antarmasyarakat Indonesia dan China.
·         "Konser akan digelar di lapangan terbuka, dan dimainkan oleh 10 ribu orang yang sebagian besar adalah pelajar, mahasiswa serta warga masyarakat China," ungkap Bondan.
·         Namun, ada pula yang berasal dari masyarakat keturunan Tionghoa dari Kalimantan, Surabaya sekitar 500 orang yang akan bergabung dalam konser kolosal 10 ribu angklung tersebut, lanjutnya.
·         Dalam konser kolosal angklung di Beijing Mei mendatang selain mengerahkan 10 ribu angklung, Saung Angklung Udjo juga mengirimkan 40 orang untuk ikut terlibat.
·         "Selama konser kolosal angklung itu, akan dilantunkan enam hingga tujuh lagu baik lagu Indonesia maupun China, yang akrab di telinga masyarakat masing-masing kedua negara, seperti `Ayo Mama` dari Indonesia atau `Yue Liang Dai Biao Wo De Xin` lagu dari China," katanya.






Tanggapan :
·         Dari contoh kasus diatas dapat diperoleh kesimpulan bahwa kebudayaan Indonesia bisa diterima dimata dunia. Ini membuktikan bahwa budaya Indonesia yang beragam tidak boleh dipandang sebelah mata dan budaya Indonesia juga mampu tampil di pentas dunia, supaya masyarakat dunia tahu kebudayaan Indonesia yang beragam.
·         Kita patut berbangga akan ini. Apalagi yang bermain alat musik angklung di konser kolosal angklung yang digelar di Beijing, China tersebut kebanyakan adalah warga China sendiri. Seperti juga yang terlihat pada gambar diatas tampak wisatawan asing pun terlihat antusias memainkan alat musik tradisional ini. Ini membuktikan bahwa alat musik ini memiliki daya tarik tersendiri bagi para warga negara asing untuk memainkannya.










Referensi :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar