Minggu, 05 April 2015

CERPEN TANGKUBAN PERAHU BERSAMA KELUARGA BESAR

Pada pukul 5 pagi tepatnya hari Minggu, 20 Desember 2014 tahun lalu. Kami keluarga besar Suradi mengadakan liburan ke Tangkuban Perahu dan tempat pemandian panas Ciater. Kami menggunakan bus untuk menuju kesana, di perjalanan pun kami sangat senang. Sekitar 4 jam kami  di perjalanan akhirnya kami tiba di tempat tujuan pertama kami yaitu pemandia air panas. Disana kami bergegas untuk menyewa tempat dan kami pun segera berganti baju untuk menikmati rasanya mandi di tempat pemandian air panas ini. Tempatnya sangat indah dan banyak orang yang berkunjung kesana. Akhirnya kami bersama-sama menuju pemandian, ternyata air panas itu membuat tubuh menjadi segar dan seketika seperti hilang beban-bedan aktifitas di Jakarta.

Kami sangat menikmati suasana disana, tempatnya bersih dan nyaman. Kata orang-orang sekitar air panas itu berkhasiat untuk memperlancar aliran darah, menghilangkan penyakit kulit dan penyakit lainnya. Banyak orang-orang dari luar daerah juga berkunjung disana, kami sebagai orang Jakarta juga ingin menikmati kesejukan yang tidak kami rasakan di Jakarta. Disini lah tempat yang tepat untuk menghilangkan kepenatan di Jakarta. Dan sampai akhirnya tidak terasa kami sudah 2 jam di pemandian air panas itu. Setelah membersihkan tubuh dengan air bersih kami pun berkumpul kembali dan melanjutkan tempat kedua yang telah kami sepakati.

Tidak jauh dari tempat pemandian itu, kita menuju Tangkuban Perahu yang sepertinya tempat itu tidak asing di telinga kita. Sekitar setengah jam kami tiba disana, setelah membeli tiket kami menuju ketas tempat beradanya kawah Tangkuban Perahu, setibanya diatas udara semakin terasa dingin. Diatas ternyata penuh sekali orang-orang yang berkunjung, kami banyak mengabadikan foto-foto. Ini adalah salah satu dari foto-foto kebersamaan kami.

Tidak kalah indah dengan tempat-tempat yang berada di kota lainnya, disini kami dapat merasakan betapa indahnya Ciptaan Tuhan di dunia ini, tidak terbayangkan yang tadinya gunung aktif dan akhirnya meletus beberapa tahun silam bisa menjadi tempat wisata yang indah sekali. Sudah 2 kali saya berkunjung di tempat ini, dan banyak perubahan yang terjadi disini. Lebih nyaman dari waktu saya berkunjung beberapa tahun yang lalu. Kita jangan Cuma ingin mengunjunginya saja tetapi kita juga harus menjaga kebersihan tempat ini dari tangan-tangan orang jahil. Lindungi bumi kita, maka bumi juga akan melindungi kita.

Dan kami akhirnya memutuskan untuk pulang karena waktu sudah sore. Kami pun kembali ke Jakarta dengan selamat. Senang sekali dengan liburan yang sangat singkat ini bersama keluarga besar Suradi. Inilah cerita singkat saya ketika berlibur bersama keluarga besar saya.